Senin, 09 Januari 2012

Majene Konsentrasi Bayar Utang



MAJENE – Pemkab Majene mengkonsentrasikan pencairan anggaran 2012 untuk membayar utang daerah kepada pihak ke tiga yang masih tersisa tahun sebelumnya.Kebijakan ini diambil untuk menghindari penumpukan utang pada akhir tahun.

Sekretaris Kabupaten Majene Syamsiar Muchtar Mahmud di Majene, Minggu, mengatakan, kendati tetap dilakukan pencairan anggaran untuk program 2012,namun pemkab lebih mengutamakan pembayaran utang daerah kepada pihak ke tiga untuk menghindari terjadinya penumpukan utang. “Kami telah sepakat dengan keputusan seluruh pihak yang berkaitan dengan kebijakan pencairan anggaran di Pemkab Majene,namun tidak menutup kemungkinan beberapa program tahun anggaran 2012 tetap kita jalankan dengan beberapa proses seleksi dan pertimbangan pengutamaan penganggaran,”terangnya.

Kebijakan tersebut diberlakukan hingga triwulan pertama dengan membatasi pencairan anggaran untuk program tahun 2012 melalui pembatasan pencairan anggaran di atas Rp100 juta. Hal itu untuk memaksimalkan target penuntasan pembayaran utang yang sudah menjadi prioritas dilunasi hingga akhir triwulan pertama 2012. Syamsiar menuturkan, hal tersebut tidak akan mempengaruhi pelaksanaan program yang akan dijalankan awal triwulan pertama 2012 selain pembayaran utang sebab pengerjaannya tetap bisa dilakukan dan akan dibayarkan pada triwulan kedua.

Dia yakin,dengan mekanisme yang ditempuh, sistem keuangan Majene akan normal kembali, meskipun diakui hal tersebut tidak bisa langsung tuntas selama satu tahun anggaran, namun minimal ada upaya normalisasi secara bertahap dan terukur. Namun belum bisa ditentukan normalisasi sistem keuangan Majene bisa di sehatkan kembali beberapa tahun ke depan. Hal itu akan diukur setelah melihat dan menganalisa pelaksanaan program tahun ini.

Syamsiar juga berharap agar pihak ketiga menjalankan program pemerintah secara serius sehingga tidak menimbulkan permasalahan dan target penilaian Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas penggunaan anggaran bisa dicapai pada tahun ini.

Sumber : antara news

Share on :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright Berita Majene 2011 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates and Theme4all